Jumat, 10 November 2017

Cara Proteksi Folder Tanpa Password Di Windows


Windows memang tampil tanpa dibekali fitur atau sebuah metode untuk memproteksi file, dokumen, folder dengan password. Dengan begitu apakah saya tidak bisa mengamankan folder? jawabannya tidak anda masih bisa protect folder, file dengan aman yakni melalui encrypt (enkripsi) ini merupakan solusi lain.

Sebenarnya anda bisa menggunakan yaitu dengan menggunakan software dari pihak ketiga (third-party). Ok dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara proteksi folder dan files tanpa password.

Tip: Sebelum anda ingin enkripsi folder, ada baiknya jika kamu membuat backup yang tidak terprokteksi untuk berjaga-jaga jika anda lupa dimasa yang akan datang.

Proteksi Password Folder di Windows

Sebelumnya sudah kami jelaskan diatas bahwa sangat disayangkan apabila varian dari Windows Vista, Win 7, Win 8, dan Win 10 tidak disematkan untuk mengamankan folder dan file dengan password.

Baca juga: Cara Proteksi folder dengan Password (Dengan Software)

Jika anda tetap menginginkan dokumen anda tetap aman, caranya dengan enkripsi. Silahkan anda ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pilih folder yang ingin anda encrypt.
  2. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih Poperties.
  3. Pada "General Tab" maka pilihlah Advanced.
  4. Centang pada cek box pada opsi "Encrypt contents to secure data".
  5. Terakhir pilih Apply lanjut klik OK. 

Note: Jika "Encrypt contents to secure data" tidak bisa anda pilih atau berwarna abu-abu, itu berarti anda berada di Home edition of Windows karena tidak disupport dengan fitur tersebut. Atau kemungkinan lain hard drive anda tidak ber-format NTFS karena ini juga termasuk syarat enkripsi.

Disqus Comments